Rabu, 15 Desember 2010

PEMUDA DENGAN MASALAH-MASALAH DAN POTENSINYA

PEMUDA DENGAN MASALAH-MASALAH DAN POTENSINYA

Masa remaja adalah masa dimana seseorang mulai beranjak dewasa dan mulai terjadi perubahan-perubahan fisik maupun psikis.
Di masa ini, kita dihadapi dengan banyaknya perubahan-perubahan dalam diri kita dan harus disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Karena para remaja masih memiliki sikap yang labil dalam menentukan jati dirinya. Pengaruh-pengaruh lingkungan pun sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter seorang remaja. Maka kita harus pandai dalam bergaul di setiap lingkungan, dapat menolak lingkungan yang bisa menjerumuskan kita kedalam hal-hak negativ, dan juga harus bergaul dalam lingkungan yang dapat mengembangkan potensi-potensi diri kita dalam hal-hal positif.
Contohnya,kita dapat dengan mudah terpengaruh ke dalam hal negatif apabila kita bergaul dalam lingkungan yang membawa dampak buruk untuk diri kita contoh nya adalah pergaulan bebas,penyalahgunaan obat terlarang,membentuk sebuah raganisasi-organisasi yang melakukan hal-hal yang dapat mengganggu lingkungan sekitar.
Sebaliknya jika kita dapat membawa diri kedalam lingkungan yang dapat mengembangkan potensi –potensi diri kita kedalam hal yang positif kita justru dipermudah dalam menentukan jati diri kita contoh nya : mengikuti ekstrakulikuler sesuai bakat kita,mengikuti organisasi –organisasi yang dapat mengembangkan jiwa sosial kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar