Jumat, 26 Oktober 2012

SUPER SUNDAY





Melihat statistik, The Blues kalah set dibanding The Red Devils. Tengok 163 pertemuan sebelumnya, United leading dengan 71 kemenangan, 48 imbang dan selebihnya milik Chelsea. Tengok juga lima laga terakhir kedua tim, United belum sekali pun menyerah kepada Chelsea.

Chelsea masuk The Bridge dengan ‘pelajaran mahal’. Mereka yang sempat impresif di White Hart Line dengan meredam Tottenham Hotspur 4-2, justru ditampar di markas Shakhtar Donetsk 2-1 dalam fase grup Liga Champions. Donetsk bahkan juga dominan dalam possession.

Sebaliknya, United justru masuk The Bridge dengan ‘gagah’. Skuad Sir Alex Ferguson menggilas Braga di Old Trafford. Sempat tertinggal dua gol, Braga lalu dipukul balik 3-2 lewat gol Evans dan dua gol Chicarito.


Akan tetapi, statistik juga kerap kali dijungkir-balikkan hasil akhir. Jadi jangan percaya karena sepakbola tidak matematis. Sepakbola tidak bisa dikalkulasi karena seni, ketrampilan, keberuntungan, faktor human-error dan eliminasi kesalahan sekecil apapun tumpah ruah di situ. Semuanya berujung pada satu kata: drama!

Hasil akhir apa yang akan muncul di The Bridge? Sulit ditebak. Sama seperti sulitnya menebak pergerakan Chicarito yang gesit. Pria Meksiko ini pula yang dikuatirkan Cech. “Dia gesit dan liar,” kata kiper Chelsea itu. Chicarito, dalam dua musim terakhir, memang selalu membobol gawang Cech. Dan setiap dia bikin gol, setiap itu pula Chelsea tidak pernah bisa mengalahkan The Red Devils.

Kita tidak tahu apakah Chicarito jadi starter. Maklum, United juga punya sederet pilihan macam Nani, Rooney, RVP bahkan juga Powell. Tapi menarik memang kalau kita mencermati komentar Ryan Giggs. “Anda tidak bisa terus bergantung pada pemain depan untuk mencetak gol. Dan United kini sedang mencari solusinya,” ujar Giggs.

Secara implisit Giggs boleh jadi sedikit kuatir dengan kapabilitas lini kedua Chelsea. Terutama untuk sosok dua nama ini: Juan Mata dan Eden Hazard. “Ya, mereka pemain yang cerdas dan bisa mengubah jalannya laga dengan instan. Mata dan Hazard adalah kartu rahasia Chelsea” kata Giggs.

Secara eksplisit, Giggs tidak mau United kebobolan lebih dulu. Soalnya, jika sempat tertinggal, maka akan sulit bagi United untuk membalikkan keadaan— meski laga di Old Trafford mereka bisa melakukan itu untuk Braga. Harap maklum, buat United, tingkat kesulitan di The Bridge cukup tinggi. Harap maklum juga, United dalam delapan laga dari 12 partai yang sudah dilewati, mereka sempat tertinggal lebih dulu.


Apapun, United menyambut bentrok bertajuk Super Sunday ini dengan serius. Rio Ferdinand dan Patrice Evra yang disimpan versus Braga, difokuskan untuk Chelsea. Dua nama yang fresh itu akan menjadi batu penarung untuk Chelsea musim ini belum sekali pun disentuh kekalahan.

Heboh memang Super Sunday ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar